Type something and hit enter

author photo
By On
Cara Menghilangkan Bekas Bekam - Bekam adalah sebuah metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kental yang mengandung toksin dari dalam tubuh. Berbekam dengan cara melakukan pemvakuman di kulit dan pengeluaran darah darinya. Pengertian ini mencakup dua mekanisme pokok dari bekam, yaitu proses pemvakuman kulit kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran darah dari kulit yang telah divakum sebelumnya.

Setelah melakukan terapi Bekam, biasanya pasti kita dapati warna lebam pada kulit bekas bekam yang berbeda-beda di setiap titik maupun orangnya. Hal itu tentu akan memunculkan pertanyaan mengapa bisa memiliki warna lebam yang berbeda pada titik bekam tertentu dan bagai mana sih cara menghilangkan bekas bekam tersebut.

Nah kali ini Ndikrulil akan mengulas sedikit mengenai arti warna kulit bekas bekam dan cara menghilangkan bekas bekam secara alami.

Cara Menghilangkan Bekas Bekam

Arti Warna Kulit Bekas Bekam

  • Kulit berwarna merah gelap - Warna merah gelap pada bekas bekam mengindikasikan adanya kadar lemak yang tinggi didalam darah yang disertai dengan adanya panas patogen
  • Bekas bekam berwarna merah cerah - Warna cerah pada kulit setelah bekam biasanya disebabkan oleh terjadinya defisiensi YIN dan defisiensi QI atau rasa panas yang merupakan indikasi dari defisiensi YIN
  • Warna kulit yang pucat yang dingin saat disentuh - Hal itu biasanya mengindikasikan adanya defisiensi dingin (cold) serta sebagai akibat dari adanya gas patogen
  • Kulit berwarna Ungu Gelap atau Hitam - Warna kulit bekas bekam tersebut biasanya disebabkan oleh kurang lancarnya pasokan atau peredaran darah pada organ tersebut, bisa juga disebabkan oleh keberadaan darah statis atau darah beku pada pembuluh darah.
  • Warna ungu disertai bintik-bintik - Ada kalanya kita menemukan warna lebam ungu disertai bintik-bintik dengan tingkatan warna yang berbeda, ada yang  ungu tua dan muda yang mengindikasikan adanya kelainan QI dan akibat darah statis
  • Warna kulit ungu disertai bercak-bercak - Hal itu biasanya mengindikasikan adanya gangguan atau kelainan gumpalan darah dan akibat dari keberadaan darah beku (darah statis)
  • Adanya garis-garis dan ruam pada kulit disertai rasa gatal - Kondisi seperti ini biasanya mengindikasikan adanya kondisi lembab serta adanya gangguan gas patogen didalam tubuh
  • Adanya uap air pada gelas bekam - Hal ini biasanya mengindikasikan adanya gas patogen pada area atau titik yang dibekam

Cara Menghilangkan Bekas Bekam

Ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk memudarkan bekas luka bekam pada kulit anda dengan bahan alami.
  • Jangan tutup rapat area bekas bekam dengan pakaian terlebih dulu, biarkan sementara sirkulasi udara berjalan lancar disekitar area tubuh yang sudah dibekam.
  • Anda juga bisa melakukan pengompresan pada area bekas bekam setelah minimal 1 jam kemudian dengan menggunakan air hangat, bukan dengan menggunakan air panas.
  • Gunakan tomat. Iris buah tomat kecil-kecil, lalu tempelkan pada bekas bekam. Lakukan secara rutin hingga bekas lukanya menghilang. Kandungan vitamin C pada tomat juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah secara alami. 
  • Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk memudarkan bekas lebam akibat bekam pada kulit. Jeruk nipis ini juga mengandung tinggi sekali vitamin C. Cukup oleskan potongan jeruk nipis pada kulit sobat. Lakukan secara rutin hingga bekas bekam memudar.
  • Berikan minyak zaitun atau minyak habatussauda pada area bekas bekam secara merata, jika tidak punya, anda juga bisa menggunakan minyak but-but untuk mengurangi warna lebam bekas bekam.
  • Gunakan mentimun. Ambil dua buah mentimun segar. Iris beberapa potongan kecil, lalu dihaluskan dengan cara blender maupun ditumbuk hingga halus. Oleskan jus mentimun yang sudah dihaluskan ke permukaan bekas luka bekam dan biarkan hingga agak mengering. Usahakan dioleskan di malam hari dan dibilas dan cuci bersih di pagi harinya. Mentimun bermenfaat membantu memudarkan koloid atau bekas luka secara perlahan-lahan karena mengandung beberapa zat berguna seperti vitamin C dan zat yang merangsang produksi kolagen.

Itulah sedikit ulasan mengenai arti warna kulit bekas bekam beserta cara menghilangkan bekas bekam. Terima kasih dan semoga bermanfaat.