Type something and hit enter

author photo
By On
Cara Menghilangkan Jerawat - Jerawat adalah suatu kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat (minyak, sel kulit mati, bakteri maupun kosmetik) sehingga memunculkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang sangat banyak jumlah penderitanya.

Bahkan Kligmann, seorang peneliti yang meneliti masalah jerawat ternama di dunia mengatakan, "Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya."


Jenis-jenis Jerawat

Jerawat memiliki berbagai jenis dari yang umum hingga yang paling berbahaya yakni Nitrosica untuk lebih jelasnya mari kita lihat jenis-jenis jerawat dibawah ini.

  1. Jerawat Biasa - Hampir sebagian besar dari kita pernah menderita jerawat jenis ini. Jerawat biasa ini mudah dikenali karena berntuknya yang kecil dan memiliki warna putih kemerah-merahan. Jerawat ini timbul dikarenakan tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne. Bakteri propionibacterium acne ini hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering disebut juga sebagai kelenjar sebaceous. Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah dan sekitarnya.
  2. Jerawat Batu - Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut dengan Cystic Acne disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.
  3. Komedo - Komedo disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan skresi kelenjar minyak yang berlebih. Komedo terbagi menjadi dua macam yakni komedo tertutup dan komedo terbuka. Komedo tertutup terlihat seperti benjolan berwarna putih. Sedangkan komedo terbuka terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam.
  4. Jerawat Vulgaris - Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebakan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.
  5. Jerawat Juvenil - Jerawat ini timbul pada masa pubertas 14-20 tahun. Penyebab jerawat ini yaitu masalah hormonal yang belum stabil dalam memproduksi sebum.
  6. Jerawat Rosacea - Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.
  7. Jerawat Nitrosica - Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah. adapun saran pengobatan ini dengan cara konsultasi pada dokter, dapat juga dengan menggunakan teknologi kecantikan untuk menghilangkan jerawat ini.


Faktor Penyebab Jerawat

Jerawat dapat timbul tidak hanya dikarenakan satu faktor saja, namun jerawat dapat ditimbulkan dari beberapa faktor diantaranya adalah:
  1. Kebersihan Wajah - Tersumbatnya pori-pori di wajah sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti misalnya kuas make-up, spons bedak yang sudah lama hingga handuk yang kurang bersih. Dengan kontak langsung pada kulit, maka faktor-faktor tadi bisa menimbulkan penyebaran bakteri yang akhirnya menyebabkan sumbatan pada pori-pori wajah sehingga timbullah jerawat di wajah. Maka dari itu, Anda harus selalu rutin untuk membersihkan wajah untuk mencegah jerawat muncul di wajah.
  2. Jenis kulit - Penyebab jerawat tak hanya disebabkan oleh faktor kebersihan saja, melainkan juga jenis kulit wajah yang dapat menimbulkan terjadinya jerawat tersebut. Nah, biasanya jerawat sendiri muncul pada orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Namun, bukan berarti orang yang berjenis kulit kering bebas dari jerawat juga ya!
  3. Produksi minyak berlebihan - Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.
  4. Sel-sel kulit mati - Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.
  5. Bakteri - Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.
  6. Kosmetik - Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.
  7. Obat-obatan - Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.
  8. Telepon Genggam - Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.
  9. Stres - Sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.
  10. Keturunan - Faktor penyebab timbulnya jerawat lainnya adalah keturunan. Faktor genetik atau keturunan juga bisa menyebabkan seseorang berjerawat. Biasanya karena orang tuanya berjerawat, maka kemungkinan anaknya pun mengalami masalah yang serupa. Untuk jerawat yang disebabkan oleh faktor keturunan inilah umumnya sulit untuk dicegah maupun diatasi.

Cara Menghilangkan Jerawat

Ada berbagai macam bahan alami yang dapat dengan mudah kita temukan disekitar kita untuk menghilangkan jerawat secara alami. Nah, dibawah ini adalah macam-macam bahan alami yang bermanfaat untuk menghilangkan jerawat beserta cara penggunaan nya.

1. Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C didalam Jeruk nipis dapat membantu meminimalkan hyperpigmention yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, serta dapat mengatasi kerutan pada wajah.
  • Basuh muka terlebih dahulu dengan air hangat dan bersih.
  • Keringkan dengan perlahan, dan jangan digosok terlalu keras.
  • Iris tipis jeruk nipis lalu oleskan ke wajah anda, terutama kenakan di bagian yang berjerawat. Memang agak sedikit perih, namun tahan saja karena itu artinya zat asamnya sedang bereaksi.
  • Diamkan selama kira–kira 15 menit, lalu bilas dengan air dingin, agar wajah terasa segar.
  • Lakukan setiap hari jika perlu, atau sehari dua kali, untuk pengobatan jerawat dan dua hari sekali untuk mencegah jerawat dan menghilangkan jerawat.

2. Daun Sidaguri

Daun sidaguri memeliki kandungan alkaloid, kalsium oksalat, tannin, saponin, fenol, asam amino dan terdapat kandungan minyak atsiri yang baik untuk kecantikan kulit juga dapat menghilangkan jerawat. 
  • Siapkan 4 lembar daun sudaguri dan 4 lembar daun mahkota dewa. 
  • Rebus dengan air 2gelas, tunggu hingga jadi 1gelas. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut. 
  • Oleskan air rebusan yang sudah dingin pada wajah secara merata. 
  • Tunggu hingga 20menitan. 
  • Bilas dengan air bersih. 

3. Bengkoang

  • Blender satu buah bengkoang yang berkualitas baik
  • Basuh wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori – pori wajah terbuka dan nutrisi dari bengkoang bisa masuk.
  • Oleskan pada permukaan wajah dan diamkan selama 30 menit.
  • Diamkan selama 30 menit, basuh wajah dengan air dingin agar pori – pori kembali menutup. Lakukan treatment ini setiap hari agar proses menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan cepat dan dengan hasil yang maksimal.

4. Susu

Susu kaya akan vitamin A, D dan kalsium, yang bagus untuk kesehatan kulit dan tulang cocok untuk di gunakan sebagai cara menggemukan badan secara alami, selain iti juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif mengatasi masalah jerawat membandel.
  • Siapkan susu kental secukupnya. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, keringkan dengan handuk. 
  • Oleskan pada wajah secara merata seperti memakai masker. 
  • Tunggu hingga 30menit atau sampai mengering. 
  • Kemudian bilas dengan air bersih

5. Mentimun

  • Bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan air hangat–hangat kuku dan handuki hingga kering.
  • Tempelkan irisan tipis timun merata ke seluruh permukaan wajah hingga tertutup.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu cuci muka anda dengan air dingin yang bersih.
  • Keringkan.
  • Lakukan sesering mungkin, karena efeknya wajah anda akan segar dan rileks. Cara lain, adalah dengan parutan mentimun  yang ditempelkan merata di atas permukaan wajah.

6. Bengkoang

  • Menghilangkan jerawat dengan masker bengkoang caranya sangat mudah
  • Bersihkan dahulu wajah dnegan air hangat yang bersih, agar pori – pori terbuka
  • Setelah itu ambil satu buah bengkoang dan parut atau haluskan dengan blender. Tidak perlu ditambah air, karena bengkoang sudah mengandung air yang cukup
  • Setelah itu, ratakan ke wajah dan diamkan selama 30 menit
  • Setelah itu basuh wajah dengan air dingin agar pori – pori menutup kembali
  • Lakukan treatment ini setiap sore agar jerawat berangsur – angsur menghilang

7. Tomat dan Zaitun

  • Persiapkan buah tomat dan zaitun
  • Kita hanya memerlukan sedikit, jadi anda tidak perlu membuat adonan yang terlalu banyak
  • Potong tomat menjadi 4 bagian, campurkan dengan minyak zaitun
  • Jangan lupa hilangkan biji tomat, kemudian campur dan haluskan hingga lembut
  • Bersihkan dahulu wajah dengan air hangat
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah
  • Tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih

8. Apel

  • Basuh muka anda terlebih dahulu dengan air hangat–hangat kuku.
  • Setelah itu keringkan dengan lembut menggunakan handuk.
  • Parut buah apel dan tempelkan di wajah anda hingga rata. Usahakan agar menutupi bagian yang berjerawat juga.
  • Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat.
  • Setelah itu ulangi lagi. Aplikasikan kembali makser apel tersbut ke wajah anda, lalu tunggu selama 15 menit.
  • Setelah itu basuh dengan air dingin.

9. Madu

Madu juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam, hal itu dikarenakan madu memiliki kandungan alami seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan vitamin C, yang dapat membunuh kuman atau bakteri dan mencegah terjadinya jerawat di wajah.
  • Siapkan madu murni secukupnya. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Oleskan secara merata pada wajah, selayaknya memakai masker. 
  • Biarkan hingga 30-60menit atau mengering. 
  • Kemudian, Bilas dengan air dingin. 

10. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif seperti, polymannans, antrakuinon, mannans asetat, dan senyawa lektin yang bagus untuk perawatan dan kecantikan kulit.
  • Siapkan lidah buaya 1buah.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat.
  • Kupas dan ambil gel lidah buaya.(untuk mempermudah haluskan gelnya juga) 
  • Oleskan secara merata pada wajah, selayaknya memakai masker.
  • Biarkan hingga 30-60menit atau mengering. 
  • Kemudian, Bilas dengan air dingin. 

11. Yoghurt

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air hangat agar pori – pori terbuka.
  • Ambil satu sendok yoghurt lalu ratakan ke permukaan wajah.
  • Diamkan selama 30 menit, lalu basuh dengan air dingin. L
  • Lakukan treatment ini dua hari sekali dan secara teratur sampai jerawat berangsur – angsur menghilang.
  • Harap pastikan yoghurt yang dipakai adalah yoghurt tawar, tanpa rasa dan berwarna putih. Yoghurt jenis ini banyak dijual di seupaermarket.

12. Buah Berry

Kandungan dalam buah berry seperti Antosianin, Asam Ellagic, Asam Lemak Esensial dan vit C dapat di gunakan perawatan kecantikan secara alami, bahkan buah berry banyak digunakan oleh perusahaan nutrisi kecantikan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk kecantikan.
  • Siapkan beberapa buah berry. 
  • Kupas dan ambil dagingnya saja, lalu Blander hingga halus. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut. 
  • Oleskan air perasan pada wajah secara merata.
  • Tunggu hingga 20menitan. 
  • Bilas dengan air bersih. 

13. Kopi

Masker kopi ampuh untuk menghilangkan jerawat dan juga menghilangkan bekas – bekasnya.
  • Sebelum mengaplikasikan masker kopi, kita pun harus memebersihkan wajah dengan cara yang sama seperti sebelum mengaplikasikan yoghurt.
  • Setelah itu camput masker kopi dengan sedikit air agar kita mudah mengaplikasikannya.
  • Masker kopi dioleskan ke wajah dan jangan lupa dipijat – pijat perlahan.
  • Diamkan selama 30 menit dan basuh dengan air dingin lalu handuki perlahan.
  • Masker kopi berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan juga noda – noda hitam bekas jerawat. Selain itu ternyata masker kopi bisa membuat wajah juga lebih cerah bersinar.

14. Es Batu

Ternyata rasa dingin pada es batu dapat menenangkan daerah sekitar jerawat dan mengurangi pembengkakan dan kandungan minyak di wajah.

Menempelkan lalu menggosokkan es batu secara lembut pada area jerawat selama 20-30 menit, Lakukan cara ini secara teratur 2x dalam sehari, dalam 1 minggu akan terlihat hasilnya.

15. Wortel

  • Pillih wortel dengan kualitas yang baik.
  • Parut wortel itu sampai halus dan tempelkan ke wajah dan diamkan selama 15 – 20 menit.
  • Basuh wajah dengan air dingin
  • Masker ini berfungsi selain bisa menghilangkan jerawat juga bisa membuat wajah menjadi cerah alami dan berseri.

16. Uap Air

Uap air wajah merupakan salah satu perawatan kecantikan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.
  • Letakkan wajah Anda di atas baskom yang berisi air panas.
  • Lakukan hingga 10menit agar uap meresap pada wajah.

17. Tomat dan Alpukat

  • Persiapkan kadua buahnya (buah tomat dan alpukat)
  • Kita hanya memerlukan sedikit, jadi Anda tidak perlu membuat adonan yang terlalu banyak.
  • Potong tomat menjadi 4 bagian, begitu juga dengan alpukatnya
  • Kemudian ambil satu bagian tomat dan satu bagian alpukat, haluskan, jangan lupa hilangkan biji tomat terlebih dahulu
  • Bersihkan dahulu wajah dengan air hangat
  • Aplikasikan masker ke seluruh wajah
  • Tunggu sekitar 15 menit kemudian bilas hingga bersih

18. Kentang

Selain tinggi karbohidrat, kentang masih memiliki banyak kandungan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, potasium, serat, dan protein. Nutrisi tersebut sangat baik untuk merawat kecantikan, juga dapat mengatasi jerawat
  • Siapkan 1 atau 2 kentang. 
  • Haluskan menggunakan blender, sampai menjadi pasta. 
  • Bersihkan wajah dengan air hangat, lalu keringkan dengan handuk lembut. 
  • Oleskan air perasan pada wajah secara merata.
  • Tunggu hingga 20menitan. 
  • Bilas dengan air bersih. 

Itulah sedikit ulasan mengenai cara menghilangkan jerawat yang dapat sobat aplikasikan dirumah, lakukan perawatan 1 minggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terima kasih dan semoga bermanfaat.