Type something and hit enter

author photo
By On
Doa Sebelum Hafalan - Assalamualaikum sobat Ndikrulil hafalan memiliki makna atau arti sesuatu yang dihafalkan, yang dapat diucapkan di luar kepala (tanpa melihat catatan atau bukul). Sebab itu seseorang belum dikatakan hafal apabila ia belum mampu mengucap kembali suatu materi yang sudah dipelajari dengan bantuan alat lain, semisal buku, catatan kecil dan lain sebagainya.

Menghafal bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Ini dikarenakan menghafal merupakan kemampuan memadukan cara kerja kedua otak yang dimiliki oleh manusia, yakni otak kiri dan otak kanan.

Kenapa seseorang cepat lupa dengan sesuatu yang telah dihafal apabila tidak sering diulang sampai menjadi semacam perilaku? Karena ia dalam menghafal adalah dengan menggunakan kerja otak kiri. Kerja otak kiri sangatlah pendek, hanya bisa bertahan selama enam jam. Artinya setelah enam jam orang menghafal, kemudian tidak diulang dan ulang lagi, maka yang terjadi adalah lupa. Apabila seseorang sudah lupa, maka kegagalanlah yang akan ia dapat.

Doa Sebelum Hafalan

Doa ini dibaca setiap sesudah shalat fardhu, doa ini dikenal sebagai ta’qib shalat fardhu. Doa ini diajarkan oleh Rasulullah saw kepada Imam Ali bin Abi Thalib (sa) untuk menguatkan ingatan dan hafalan:

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَعْتَدِي عَلَى أهْلِ مَمْلَكَتِهِ سُبْحَانَ، مَنْ لاَ يَأخُذُ اَهْلَ اْلاَرْضِ بأَلْوَانِ الْعَذَابِ، سُبْحَانَ الرَّؤُوُفِ الرَّحِيمِ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ لِي فِي قَلْبِى نُوراً وَبَصَراً وَفَهْماً وَعِلْماً اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Subhâna Mallâ ya’tadî `alâ ahli mamlakatih. Subhâna Mallâ ya`khudzu ahlal ardhi bi-alwânil `adzâb. Subhânar Raûfir Rahîm. Allâhummaj`allî fî qalbî nûran wa basharan, wa fahman wa ‘ilmâ, innaka `alâ kulli syay-in qadîr.
Artinya: Mahasuci Dia Yang Tidak Menyiksa penghuni kerajaan-Nya. Mahasuci Dia Yang Tidak Mengadzab penduduk bumi dengan berbagai adzab. Mahasuci Dia Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, jadikan bagiku di dalam hatiku cahaya dan penglihatan, pemahaman dan pengetahuan, sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Mafâtihul Jinân, bab 1, pasal 1)

Itulah sedikit ulasan mengenai doa sebelum hafalan untuk meningkatkan daya ingat kita. Terima kasih dan semoga bermanfaat.