Pengertian Kontraksi Otot Isokinetik

Pengertian Isokinetik - Dasar Pola Isokinetik adalah Pola Isokinetik, yakni otot mengalami pemendekan. Perbedaan yang nyata adalah

  1. Bila kontrakasi isotonik setiap lintasan gerak otot menanggung beban yang sama, pada kontraksi isokinetik beban yang ditanggung tidak sama.
  2. Bila pada kontraksi isotonik kecepatan dalam menempuk lintasan gerak tidak rata, pada kontraksi isokinetik kecepatan dalam menempuh jarak lintasan adalah rata.

Isokinetik menggabungkan manfaat dari latihan isotonik dan isometrik tanpa kekurangan. Similair ke kontraksi isometrik di mana perlawanan dikendalikan oleh aktivitas tersebut, sebuah perangkat isokinetik kembali resistansi sama dengan gaya yang diterapkan sementara secara bersamaan menyediakan untuk berbagai gerak.

Sehingga perlawanan selalu ideal untuk kekuatan pengguna, tidak peduli berapa banyak kuat mereka sebagai hasil dari pelatihan. Keuntungan yang berbeda yang selama latihan isotonik adalah bahwa hal itu dapat memberikan perlawanan maksimal sepanjang seluruh berbagai gerakan dan panjang otot.

Keuntungan lain semacam ini pelatihan gabungan minimal dan nyeri otot, sehingga memungkinkan jauh lebih intens latihan yang akan dicapai, sedangkan yang kurang waktu untuk pemulihan.

Ini adalah alasan inilah isokinetik adalah pilihan ideal untuk seorang atlet dalam rehabilitasi sedangkan ia menyediakan untuk peningkatan luar biasa untuk kekuatan otot dan fleksibilitas, dengan risiko minimal cedera.

Isokinetik juga ideal untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan dan kemampuan melompat. Karena berbagai gerakan terbatas tersedia dengan perangkat isokinetik, bentuk pelatihan yang optimal untuk pelatihan olahraga gerakan tertentu, seperti melempar bola atau menembak bola basket.

Kerugian hanya isokinetik adalah biaya mesin. Mesin isokinetik sering dapat biaya beberapa ribu dolar. Isokinetik tidak menjadi bingung dengan variabel resistensi pelatihan seperti katrol dan mesin dayung, yang tidak dapat memberikan perlawanan yang sama seluruh rentang penuh mesin gerak isokinetik menyediakan.

Baca Juga :
Advertisemen

Related Posts