Apakah Web Hosting Berpengaruh Terhadap SEO?

Dunia online terus berkembang dan banyak orang maupun organisasi berlomba-lomba untuk menempatkan situs web mereka di bagian atas halaman mesin pencari Google. Kunci kesuksesan sebuah situs web di dunia modern saat ini adalah tentang SEO dan jika situs web tidak memiliki peringkat di halaman pertama Google, sudah dapat dipastikan situs tersebut akan perlahan tenggelam dan sepi pengunjungi.

Web Hosting Pendongkrak Posisi di Mesin Pencari


Situs web yang beroperasi dengan lancar dan memiliki kecepatan loading yang lebih cepat memungkin untuk meraih peringkat tertinggi di pencarian Google. Lalu, apa ia Web Hosting mempengaruhi peringkat sebuah situs atau website? jawabannya adalah Yups!.

Berikut ini adalah beberapa faktor mengenai web hosting yang buruk dapat mempengaruhi SEO web yang dihandle dan pentingnya memilih hosting yang handal untuk menunjang kesuksesan situs web sobat.

Server Downtime


Faktor server downtime sebuah web hosting adalah dasar untuk menentukan web hosting memiliki kualitas yang bagus atau buruk. Jika situs web sobat sering menderita downtime, itu adalah tanda pertama dari web hosting yang sobat gunakan memiliki kualitas yang buruk dan tidak dapat diandalkan.

Sobat juga harus tahu, waktu situs web sobat downtime atau nonaktif tidak hanya memengaruhi kinerja keseluruhan situs web tetapi juga menurunkan peringkat SERP dan SEO. Mari kita lihat ilustrasi dibawah ini.

Situs web yang mati dan tidak muncul di mesin pencari. Mesin pencari akan mendapat kueri dari konten yang relevan dari situs web itu, apa yang terjadi kemudian? Mesin pencari tidak akan menemukan situs web itu dan kesalahan itu akan menurunkan SEO dan SERP situs web. Selain itu, ini juga meningkatkan rasio Bounce rate dari situs web itu yang akan berdampak langsung terhadap authority situs web itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk menghindari downtime dan mendapatkan situs web yang 99,9% uptime, sobat harus sangat selektif untuk memilih web hosting.

Waktu Muat Laman


Faktor kedua untuk menguji kualitas web hosting yang bagus untuk SEO adalah waktu muat laman situs web. Jika situs web lambat dan membutuhkan banyak waktu hanya untuk memuat satu halam, tentu itu benar-benar dihitung sebagai kekurangan sebuah web host. Kepala Tim Webspam Google, Matt Cutts, juga menyoroti efek waktu muat halaman pada kinerja situs web di sini.

Ini adalah fakta yang diakui secara universal bahwa jika situs web memerlukan lebih dari lima detik untuk dimuat, pengunjung lebih cenderung beralih ke opsi berikutnya yang memungkinkan. Oleh karena itu waktu muat halaman situs web adalah faktor yang sangat sensitif untuk mempengaruhi reputasi sebuah situs web.

Selain itu, situs web dengan waktu muat laman yang tinggi juga akan mendapatkan rasio bounce rate tinggi yang tentu sangat memengaruhi reputasi situs web di mesin pencari.

Beberapa tools online terbaik untuk mengukur waktu muat halaman situs web adalah:

  1. Google Page Speed Tool
  2. GT Metrix
  3. Pingdom

Untuk sobat yang tidak ingin situs webnya sering downtime dan memiliki waktu muat laman yang lama. Saya pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan Niagahoster yang merupakan platform hosting murah berkualitas di Indonesia dengan jaminan uptime 99,9%, dan juga ada promo hosting murah gratis domain lho.

Pilih Hosting Lokal untuk Target Pengunjung Lokal


Lokasi server memainkan peranan penting dalam memberikan pengalaman penelusuran cepat kepada pengunjung situs web sobat. Memiliki lokasi server yang dekat dengan target audiens menghasilkan pengarahan lebih cepat dari audiens ke situs sobat. Oleh karena itu, penting bahwa semua pemilik situs web harus tahu apakah lokasi hosting mempengaruhi SEO?

Toko online ecommerce menargetkan audiens lokal karena mereka lebih cenderung menjual ke pasar lokal. Misalnya, webstore yang berbasis di Indonesia yang di host oleh hosting lokal lebih mungkin untuk mengambil peringkat SEO yang bagus dan lalu lintas yang relevan dibandingkan dengan situs web yang servernya berbasis di luar Indonesia.

Alasannya sederhana, setiap situs web ditugaskan dengan alamat IP yang secara langsung berkaitan dengan lokasi geografis situs web sobat. Memilih hosting lokal akan memudahkan untuk menargetkan pemirsa lokal dan pada akhirnya akan mendongkrak posisi peringkat mesin pencari lokal.

Misalnya, Google.co.id lebih suka menghubungkan pengguna Indonesia dengan situs web Indonesia, dan ini adalah keuntungan yang dapat sobat miliki dengan menggunakan hosting lokal untuk situs web sobat.

Alamat IP server atau lokasinya memiliki peran dalam menempatkan situs web sobat di hasil pencarian Google dan lokasi server asli berarti lalu lintas situs web yang relevan.

Lokasi server juga memiliki peranan dalam waktu muat halaman web. Jika lokasi server dekat dengan audiens web, itu akan mengambil data dengan cepat karena kecepatan download konten relatif lebih cepat dibandingkan dengan lokasi server yang jauh.
Advertisemen

Related Posts